Prospek Industri Pakan Ternak

PROSPEK INDUSTRI PAKAN TERNAK
DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Revolusi Industri 4.0 merupakan fase keempat dari sejarah revolusi industri yang telah terjadi, ditandai dengan telah bergantinya tenaga manusia maupun hewan dengan teknologi yang lebih canggih dan efisien (Rosyadi, 2019). Revolusi industri 4.0 telah mengubah sistem kerja dan hidup manusia secara fundamental, karena revolusi industri 4.0 memiliki skala dan ruang lingkup yang sangat luas serta lebih kompleks (Schwab, 2016). Dengan adanya revolusi industri 4.0 menimbulkan tingginya keuntungan yang diperoleh oleh para pelaku industri, namun revolusi industri 4.0 juga mampu meningkatkan jumlah pengangguran yang ada.
Revolusi industri mempengaruhi semua disiplin ilmu yang ada, baik ilmu ekonomi, industri maupun pemerintahan. Revolusi industri 4.0 mendorong terjadinya kemajuan-kemajuan teknologi yang sangat pesat. Berbagai bidang telah mengalami berbagai terobosan yang diakibatkan oleh adanya kemajuan teknologi yang sangat pesat. Terdapat 5 teknologi utama pada era revolusi industry 4.0 yaitu teknologi berbasis internet, teknologi robotic, artificial intelligence dan human machine interface (Schwab, 2016).
Salah satu disiplin ilmu yang terpengaruhi oleh adanya revolusi industri 4.0 yaitu di bidang industri pakan ternak. Industri pakan ternak pada dasarnya merupakan suatu kumpulan unit usaha pakan yang mampu melakukan produksi pakan ternak baik secara makro maupun mikro. Industri pakan ternak merupakan suatu industri yang sangat bergantung dengan populasi ternak, yang mana dengan adanya industri pakan ternak diharapkan mampu menghasilkan pakan dengan harga yang murah namun mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ternak dengan baik (Retnani, 2013).
Industri pakan ternak harus mampu mengolah bahan baku pakan dengan berbagai cara, baik secara manual, mekanis maupun kimiawi guna memproduksi pakan yang berkualitas tinggi (Putri et all., 2017). Selain mampu memproduksi pakan ternak dengan kualitas yang baik, industri pakan ternak juga harus mampu memenuhi standar keamanan karena industri pakan ternak di Indonesia prospeknya sangat baik.
Tingginya prospek industri pakan ternak di Indonesia mengharuskan adanya kemampuan untuk dapat menyesuaikan dengan era revolusi industri 4.0, yang mana di era revolusi industri 4.0 sering disebut dengan era teknologi sehingga industri pakan ternak harus mampu menyesuaikan dengan era yang ada. Dengan memanfaatkan adanya teknologi yang telah berkembang diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas yang dihasilkan oleh suatu industri peternakan.
Salah satu prospek yang dapat diperoleh ketika industri pakan ternak mampu meningkatkan produksinya dengan menggunakan alat berbasis komputer dan robotic yaitu :
1.    Biaya produksi yang rendah, industri pakan ternak akan mampu menekan biaya produksinya serendah mungkin apabila industri tersebut telah mampu menciptakan teknologi terbaru guna efesiensi waktu dan efesiensi pekerja sehingga biaya produksi dapat ditekan
2.    Harga produk yang lebih ekonomis, ketika suatu industri telah mampu menekan biaya produksi yang dikeluarkan, maka industri tersebut dapat mendistribusikan hasil produksinya dengan harga yang terjangkau, sehingga lebih diminati oleh konsumen
3.    Peningkatan kualitas produksi, dengan adanya bantuan teknologi canggih maka kualitas produksi dapat ditingkatkan
4.    Kualitas produksi dapat dipertahankan, dengan memanfaatkan teknologi yang ada, kualitas pakan yang dihasilkan akan mampu dipertahankan tanpa mengurangi kandungan nutrient di dalam pakan yang diproduksi
5.    Proses pemasaran lebih mudah, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, produk pakan yang dihasilkan dapat dipasarkan dengan mudah serta memiliki jangkauan yang luas
6.    Distribusi pakan lebih cepat dan meluas, di era teknologi sekarang proses pengiriman bukan lagi menjadi suatu penghalang karena telah banyak tersedia jasa-jasa pengiriman express dan telah didukung dengan infrastruktruk yang baik oleh pemerintah.

DAFTAR PUSTAKA

Putri, B. R. T., I. B. G. Pratama dan D. A. Warmadewi. 2017. Manajemen Pabrik Pakan. Universitas Udayana, Bali.

Retnani, Y. 2013. Proses Industri Pakan. IPB Press, Bogor.

Rosyadi, S. 2019. Revolusi Industri 4.0 : Peluang dan Tantangan bagi Alumni Universitas Terbuka. Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Schwab, K. 2016. The Global Competitiveness Report 2016- 2017. World Economic Forum, Geneva.

Komentar

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus
  2. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEGUMINOSA

Jenis-jenis Itik

Stocking Rate